Mencintai itu memang menyenangkan.. Cinta menarik kita ke suatu tujuan dan mengarahkan kita ke tujuan itu, sementara kebencian atau kekesalan hanya mendorong kita ke suatu tujuan tanpa mengarahkannya. Cintailah sesuatu atau seseorang yang pantas dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan. "Mencintalah untuk kebahagiaan dan bahagialah demi cinta"

DELIMA

Di Amerika Serikat delima diolah menjadi jus kesehatan yang disebut Pom Wonderfull. Rasanya segar, kesat dan manis. Delima yang diolah menjadi minuman kesehatan adalah biji delima yang berwarna merah. Ada 2 jenis delima, putih dan merah. Keduanya berkhasiat obat. Delima bersifat antelmintik dan astringen.
Delima kondang sebagai obat cacing. Di Asia Timur diolah sebagai anticacing adalah kulit pohon dan kulit akar. Kulit akar juga berkhasiat sebagai obat mencret. Air rebusan bunga dipakai untuk meredakan sakit gigi.


Buah Delima mengandung flavonoid yang cukup tinggi. Flavonoid merupakan jenis antioksidan kuat, yang amat berperan menurunkan radikal bebas, sehingga bisa memberi perlindungan terhadappenyakit jantung dan kanker kulit. Akar, buah, bunga, kulit batang, kulit buah mengandung saponin dan flavonoida, di samping itu akarnya juga mengandung polifenol, sedangkan kulit batang, bunga dan buahnya juga mengandung tanin. Senyawa kimia lain yang terkandung di delima adalah boorzur, alkalolida. Dalam 100 g biji buah delima terkandung 259 mg kalium, 63 kal energi metabolis dan 30 mg vitamin C.






Sumber = buku "Herbal Indonesia Berkhasiat"

0 comments:

Posting Komentar